Jumat, 27 Januari 2012

Mengenal Akuntansi

Akuntansi adalah proses mengkomunikasikan informasi keuangan tentang entitas bisnis untuk pengguna seperti pemegang saham dan manajer. Komunikasi umumnya dalam bentuk laporan keuangan (financial statement) yang memaparkan data-data tentang sumber-sumber ekonomi atau keuangan dalam pengawasan/kendali manajemen ; Akuntansi adalah seni dalam penyajian informasi yang relevan kepada pengguna yang dapat diandalkan. Prinsip-prinsip akuntansi yang diterapkan untuk entitas bisnis meliputi tiga bagian ; akuntansi, pembukuan, dan audit.
Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, mengevaluasi dan memberikan informasi tentang semua proses keuangan yang dapat dipertanggungjawabkan, yang bertujuan untuk membantu manajer, investor atau perpajakan dan juga kepada pemberi keputusan lainnya. Singkat kata, akuntansi bertujuan untuk mempersiapkan laporan keuangan yang akurat agar dapat digunakan oleh pengambil keputusan.
Pembukuan, adalah pencatatan semua transaksi keuangan saja (posting). Berbeda dengan akuntansi, akuntansi biasanya dikerjakan oleh seorang akuntan, dan seorang akuntan memproses semua data-data posting yang dilakukan oleh pihak pembukuan untuk diproses menjadi laporan keuangan dan data analisa keuangan bertujuan menyajikan informasi kepada pihak intern maupun ekstern.
Auditing, merupakan ilmu yang terkait dengan akuntansi namun ada pemisahan dari akuntansi, karena auditing mempunyai disiplin ilmu tersendiri. Karena audit dilakukan oleh auditor yang jelas mengerti tentang akuntansi guna memeriksa kewajaran ataupun opini tentang hasil pemeriksaan akuntansi yang dilaksanakan.
Pada prinsipnya, Akuntansi adalah proses dimana informasi keuangan tentang suatu bisnis dicatat, diklasifikasi, diringkas, diinterpretasikan, dan dikomunikasikan kepada orang yang membutuhkan informasi tersebut. Oleh sebab itu akuntansi juga bisa dikatakan sebagai seni. Yang dimaksud seni disini adalah cara penyajian, pelaporan sehingga membentuk suatu informasi yang jelas dan akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar